Tuesday, June 5, 2012

HOOLIGAN & FLOWER CITY CASUAL

HOOLIGAN

Hooligan dalam kamus buatan Oxford mengartikan bahwa Hooligan adalah anak muda yang sering sekali berbuat rusuh dan bertindak kekerasan di tempat umum. Ada juga yang mendefinisikan Hooligan adalah sekelompok masyarakat yang mengalami keterpinggiran sosial, membeda – bedakan antara si miskin dan si kaya Hooligan bermula dari sekelompok suporter fanatik sepakbola di Inggris yang sering berbuat onar dan keributan.  Karena kebrutalannya, hooligan sampai saat ini masih dicekal oleh berbagai kelompok di dunia.
Hooligan mudah dikenali saat berada di stadion, karena para hooligan memakai atribut yang tidak sama dengan penonton bola lainnya. Biasanya mereka memakai baju casual, seperti baju yang mereka guanakan untuk kegiatan sehari-hari. Mereka datang ke stadion secara bergerombol dengan berjalan kaki atau menggunakan mobil pick up dan truk sambil meneriakan dukungan. Rata - rata anggota hooligan adalah pemabuk, mereka biasanya minum - minuman keras sebelum pertandingan dimulai.

Pada 29 Mei 1985, ketika pertandingan Liga Champion antara Liverpool melawan Juventus. Seusai pertandingan selesai, terjadilah kerusuhan antar suporter. Hooligan dengan kepribadiannya yang brutal berhasil menewaskan 39 pendukung Juventus. Dampaknya adalah pencekalan pada semua tim sepakbola asal Liga Inggris, klub-klub itu dilarang bertanding di Eropa selama 5 tahun.

Selain hal negatif tadi, ternyata hooligan mempunyai beberapa hal positif yang bisa kita tiru. Hooligan selalu total dalam mendukung tim kesayangan mereka. Loyalitas mereka tidak diragukan lagi, mereka juga sering bertandang ke stadion lawan walaunpun jaraknya sangat jauh. Hooligan dikenal memiliki rasa persaudaraan yang kuat, mereka selalu membantu anggotanya yang sedang kesulitan. Hooligan juga tidak pernah merendahkan kelompok hooligan lain.

FLOWER CITY CASUAL ( KASUAL BANDUNG)


Flower City Casual (FCC) memang masih cukup asing di telinga kita. Komunitas yang berdiri pada tahun 2005 ini tidak boleh dianggap remeh, di usianya yang masih muda mereka sudah banyak melakukan berbagai hal positif untuk kemajuan Persib Bandung. FCC yang mengandung arti Casual dari Kota Bandung, merupakan salahsatu komunitas yang selalu hadir saat Persib bertanding. Mereka bisa kita temui di tribun utara stadion.

FCC bermula dari 3 orang pendukung Persib yang mempunyai kesamaan. Mereka semua adalah suporter fanatik Persib dan mempunyai kesamaan hobi dan kecintaan terhadap berbagai hal berbau Inggris dalam artian background mereka adalah skindhead dan suka memakai brand luar negeri seperti Adidas. 

Yang membedakan FCC dengan bobotoh lainnya adalah penampilan mereka saat datang ke stadion. Mereka datang tidak pernah membawa atribut, mereka datang dengan pakaian casual sehari - hari. FCC juga selalu membawa flair jika datang ke stadion

Saat ini FCC sudah memiliki 700 anggota lebih, kelompok ini selalu datang ketika Persib bertanding. Bukan hanya partai kandang saja, partai tandang pun mereka selalu setia ikut mendukung Persib.
@FCCasuals05

1 comment: